PENGERTIAN MULTIMEDIA
Media (latin) :sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi Teknik Multimedia : adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
- Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
- Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
- Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah : pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
KOMPONEN MULTIMEDIA
a) Teks
Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.
b) Grafik (Gambar)
Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.
c) Audio
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain.
d) Video
Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.
e) Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.
Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry
Association
Pada tahun 1990:
1. 16 MHz 386SX CPU
2. 2MB RAM
3. 30MB hard disk
4. 256-color, 640 x 480 VGA video card
5. 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
6. Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound
7. Windows 3.0 with Multimedia Extensions
2. 2MB RAM
3. 30MB hard disk
4. 256-color, 640 x 480 VGA video card
5. 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
6. Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound
7. Windows 3.0 with Multimedia Extensions
Pada tahun 1993:
1. 25 MHz 486SX CPU
2. 4 MB RAM
3. 160 MB hard disk
4. 16-bit color, 640×480 VGA video card
5. 2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time
6. Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
7. Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1
Pada tahun 1996:
1. 75 MHz Pentium CPU
2. 8 MB RAM
3. 540 MB hard disk
4. Video system that can show 352×240 at 30 frames persecond,15-bit color
5. MPEG-1 hardware or software video playback
6. 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU toread,with <250ms seek time
7. Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
8. Windows 3.11
DAMPAK MULTIMEDIA
Perkembangan multimedia saat ini dirasa sudah sangat pesat dan canggih, namun dibalik pesatnya perkembangan multimedia ada dampak positif dan negatif diberbagai bidang :
DAMPAK POSITIF
- BIDANG PENDIDIKAN
- Siswa / mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks
- Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
- Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar
- Perkembangan Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning
- BIDANG BISNIS
- Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi
- BIDANG KESEHATAN
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll - BIDANG POLITIK
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya
DAMPAK NEGATIF
- BIDANG PENDIDIKAN
- Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya
- Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
- Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya
- BIDANG BISNIS
- Adanya pihak-pihak yang melakukan black market (ilegal) dalam internet
- Hacker melakukan hacking guna proses transaksi
- BIDANG KESEHATAN
- Dengan kemajuan multimedia praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool multimedia
- Banyaknya pabrik toko narkoba menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi obat-obatan terlarang
- BIDANG POLITIK
- Para elit politik pada pileg dan pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye hitam) melalui internet beligho, spanduk dsb
- Dengan adanya kemajuan teknologi multimedia para koruptor dapat leluasa untuk melakukan aksinya, walaupun saat ini ada teknik penyadapan dari instansi yang berwenang tetapi cara itu belum sepenuhnya menjerat para koruptor
Menurut Computer Technology Research (CTR):
1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% yang didengar
3. Orang mengingat 50% dari apa yang didengar dan dilihat
4. Orang mengingat 80% dari apa yang didengar, dilihat dan dilakuka
Komentar
Posting Komentar